Proses pembelajaran IPA SMP IT Samawa Cendekia secara empiris belum 100% meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu tulisan dan penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas IX IPA SMP IT Samawa Cendekia, mengobservasi tindakan belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran Model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas IX IPA SMP IT Samawa Cendekia, mendeskripsikan lingkungan belajar yang seharusnya dikondisikan agar implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas IX IPA SMP IT Samawa Cendekia. Mengacu pada implementasi penelitian tindakan kelas sesuai Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu Planning, action, observing dan reflecting .Terdiri dari dua siklus dan menggunakan instrumen lembar observasi, soal tes, dokumentasi. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa implementasi Model Problem Based Learning Berbasis TIK dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik,melalui tahapan orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan belajar peserta didik, membimbing penyelidikan mandiri via internet, dan video pembelajaran terkait listrik statis dan kelompok diskusi, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta mampu menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Peserta didik mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui aktivitas sains dengan mengamati, mengklasifikasi, mengukur, menyimpulkan, dan mengomunikasikan. Bahkan peserta didik tampak menjadi lebih percaya diri. Lingkungan belajar harus dikondisikan untuk mendukung proses belajar yang aman, menyenangkan, dan nyaman secara sosio-psikologis mereka. Model Problem Based Learning menumbuhkan Antusiasme dan hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini menunjukan peningkatan motivasi belajar peserta didik meningkat sekaligus menekan perspektif peserta didik jikalau IPA adalah pelajaran yang sulit.
Disusun oleh Fakhruddin, S.Si